Sekilas Info

DPRD Ambon Minta Pemkot Stop Bangun Pasar

DPRD Kota Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Kota Ambon, untuk tidak lagi membangun pasar.

Penyataan tegas itu disampaikan, Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, Leonara Far-Far. Menurutnya, pembangunan pasar yang telah dilakukan Disperindag sejauh ini tidak memiliki fungsi dan manfaat bagi masyarakat.

"Sudah banyak pasar yang dibangun oleh Disperindag, seperti pasar di kawasan Wainitu, Batu Koneng, Latuhalat, Hutumuri, Waiheru, Pohon Pule, Air Kuning, dan beberapa pasar lainnya, tapi tidak difungsikan dengan baik. Makanya kedepan jangan lagi ada program pembangunan pasar," tegas Far-Far di Ambon, kemarin.

Dia menilai pembangunan pasar oleh Disperindag tidak memiliki dampak positif bagi pendapat asli daerah. Sebab, banyak pasar yang dibangun, namun tidak difungsikan sehingga terkesan diabaikan.

"Percuma saja bangun pasar kalau kemudian diabaikan. Buktinya saja, walaupun sudah banyak pasar yang dibangun, namun masyarakat masih tetap memilih Pasar Mardika Kota Ambon sebagai pusat perbelanjaan utama," jelasnya.

Untuk itu, daripada terus-menerus memprogramkan pembanguan pasar, lebih baik anggaran-anggaran yang dimiliki dialihfungsikan untuk pengoptimalan pelayanan di kawasan Pasar Mardika agar menjadi lebih baik.

"Lebih baik Disperindag menata pasar Mardika agar terlihat indah dan nyaman bagi pembeli. Dari pada membuat pasar baru, namun tidak digunakan. Kalau sudah seperti itu, berarti namanya mubazir, (buang-buang anggaran)," tegas dia.

Dengan kondisi pasar Mardika yang semakin hari semakin tidak bisa dikontrol karena banyaknya pedagang, Disperindag diharapkan bisa menjalankan fungsi dan tugasnya membenahi pasar tradisional terbesar di Kota Ambon ini.
"Cobalah Pemkot menunjukan kreatifitasnya dalam setiap program yang dijalankan. Dulunya pada saat Pasar Mardika itu dibuat kondisinya sangat bagus, dan indah sekali. Tapi sekarang sangat berantakan, ini menjadi tugas Disperindag mengembalikan keindahan pasar Mardika," ujar Far-Far. (MG5)

Penulis:

Baca Juga