Sekilas Info

Dorong Peningkatan Literasi Keuangan Perempuan

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mendorong peningkatan literasi keuangan bagi perempuan di kota Ambon.

“Setelah menggelar seminar literasi keuangan bagi perempuan di Manado, kami melanjutkan ke kota Ambon, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dalam mengelola keuangan,” kata penyelenggara seminar literasi keuangan, Benny di Ambon, Selasa (6/11).

Dikatakannya, seminar literasi keuangan Prudential telah dimulai sejak tahun 2009, dan telah memberikan pelatihan literasi keuangan kepada lebih dari 20.000 perempuan di 20 kota di Indonesia.

Prudential mengajak perempuan Indonesia untuk lebih pham mengenai keuangan agar dapat membantu pengaturan keuangan keluarga, serta sampai mengatur keuangan usaha kecil.

“Kegiatan ini ditujukan untuk kaum perempuan baik ibu rumah tangga, pekerja, mahasiswa dan pelajar, untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengelola keuangan keluarga, agar keuangan keluarga tetap stabil,” katanya.

Ia menjelaskan, prudential Indonesia menyadari bahwa peranan perempuan yang sangat penting dalam manajemen keuangan keluarga, masih belum didukung oleh tingkat kesadaran dan kemampuan pengelolaan keuangan yang memadai, terutama bagi perempuan berpenghasilan rendah.

Dalam kegiatan ini narsumber memberikan materi dasar-dasar pengelolaan keuangan, informasi lembaga dan produk keuangan, yang dikemas ringan. “Seminar ini juga dilakukan latihan dan simulasi bagaimana cara mengatur dengan tepat pengeluaran berdasarkan penghasilan yang diterima per bulan,” ujar Benny.

Ditambahkannya, tahun 2018 kegiatan ini dilaksanakan di lima kota di Indonesia, yang dimulai dari Manado, ke Ambon, dilanjutkan ke Sorong, Malang dan berakhir di Jakarta. “Tahun ini kita fokus ke wilayah timur terutama kota Ambon, sesuai rencana tiga tahun kedepan akan fokus ke Indonesia tengah dan timur, sesuai permintaan OJK,” tandasnya. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga