Sekilas Info

Bulog Dukung Pembentukan Pusat Logistik Daerah

Istimewa/Kabartimurnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Kepala Perum Bulog Maluku Arif Mandu mendukung gagasan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan membangun pusat logistik di daerah.

“Dari sisi logistik kami tetap siap, selama ini peran Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku selalu menyiapkan persediaan beras guna mengisi permintaan masyarakat di daerah ini,” ujar Arif di Ambon, pekan kemarin.

Dengan beberapa gudang yang tersebar di daerah ini, Bulog Maluku siap mendukung gagasan atau usulan untuk pembangunan pusat logistik.

Dia menjelaskan, gudang Bulog Maluku tersebar di Kota Ambon sebanyak tiga gudang, kemudian di Namlea, Tual dan Saumlaki. “Karena itu Bulog Maluku sangat siap apabila gagasan atau usulan untuk pembangunan pusat logistik di Maluku,” ujarnya.

Tunggu jawaban Pemda, Bulog Maluku belakangan ini, menurut Arif, sedang menunggu jawaban dari beberapa Pemda kabupaten terkait ketersediaan lahan guna membangun gudang penampungan beras.

“Ini penting, bukan saja untuk mengantisipasi bencana alam seperti yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Tengah), tetapi juga mengantisipasi daerah rawan pangan, terutama saat cuaca ektrem di laut yang mengganggu arus transportasi,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Maluku Armin Bandjar. Menurutnya, Bulog menjalankan fungsi ganda terkait standar stok pangan strategis seperti beras dan gula.

“Saya pikir kalau usulan ini dilaksanakan bisa menjawab ketersediaan stok di daerah-daerah yang jauh dari Ambon sebagai ibu kota Provinsi sangat kuat,” katanya.

Sebab di Ambon ada tiga unit gudang besar yang memiliki kapasitas tampung sebanyak 19.000 ton beras, yang terisi mencapai 60 sampai 90 persen, bahkan sekarang terisi sebanyak 90 persen.

Karena itu, usulan seperti itu terutama untuk gudang nantinya akan dibangun di daerah yang agak jauh seperti di Kabupaten Aru, Maluku Barat Daya, dan juga Seram Bagian Timur, kalau sekarang untuk Kabupaten Maluku Tengah tinggal realisasi dari Pemda setempat untuk pembebasan lahan untuk membagun ghudang di sana. “Usulan untuk membangun pusat logistik di daerah Bulog Maluku sangat mendukungnya,” ujarnya. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga