Sekilas Info

Ribuan Warga Sambut Kirab Bendera Merah Putih

HUSEIN TOISUTA/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Ribuan warga Kota Ambon tampak antusias menyambut datangnya Kirab Bendera Merah Putih yang mengelilingi Indonesia. Bendera Merah Putih didampingi Bendera kebesaran TNI dan tiga satuannya: Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Kirab Bendera atau Flag Relay tiba menggunakan Pesawat TNI AU, Indonesia Air Force Boing 737 di Bandara Lanud Pattimura Ambon, Rabu (3/10), pukul 09.30 WIT. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 28 September, untuk memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto mengatakan, Flag Relay Merah Putih dilaksanakan untuk membangkitkan semangat masyarakat tentang pentingnya rasa nasionalisme dan cinta tanah air. “Kegiatan ini dimulai dari Sabang, Provinsi Banda Aceh yang merupakan titik 0 Indonesia. Ambon termasuk salah satu titik singgah yang kami pilih, untuk menunjukan bahwa Kota ini aman dan sangat kondusif,” kata Pangdam.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi terhadap TNI yang telah memilih Ambon sebagai salah satu Kota dalam lintasan Kirab Bendera Merah Putih. Terpilihnya kota berjuluk Manise ini membuktikan bahwa TNI cinta dengan Kota Ambon dan merupakan bagian dari TNI. “Masyarakat Kota Ambon sejak dulu sangat cinta NKRI,” tegasnya.

Pada pelaksanaan hari ke-enam Flag Relay di Kota Ambon dilakukan secara estafet. Diawali dengan prosesi penyambutan oleh Pangdam Pattimura, Danlantamal IX/Ambon Laksamana TNI Antongan Simatupang, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Antariksa Anondo, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Walikota Ambon, dan Forkopimda di Bandara Pattimura.

Setibanya rombongan Flag Relay di Lanud Pattimura, Bendera Merah Putih diserahkan kepada Danlanud Pattimura untuk dibawa menuju Dermaga Pelabuhan Laha. Bendera diarak tim penyelam (Scuba) menggunakan kapal melintasi Teluk Ambon menuju pelabuhan Slamet Riyadi.

Tiba di Slamet Riyadi, Danlanud Pattimura kemudian menyerahkan kepada Danlantamal Ambon untuk dibawa berjalan kaki menuju Lapangan Merdeka. Ditengah perjalanan, rombongan diiringi marching band dari TNI dan Pelajar. Bendera Merah Putih selanjutnya diberikan kepada Walikota Ambon.

Di Lapangan Merdeka, rombongan pembawa bendera disambut dengan tarian perang tradisional Maluku, Cakalele sebagai simbol keberanian. Rombongan juga dihibur dengan tarian Lenso, dan bersama-sama menari Tobelo antara TNI-Polri serta seluruh lapisan masyarakat.

Selepas rangkaian acara yang berlangsung di Lapangan Merdeka usai, Bendera Merah Putih kembali diarak oleh Walikota Ambon. Melewati sejumlah ruas jalan utama Kota Ambon yang dikawal Ranpur dan Rantis milik Denkav 5/Birgus Lactro Cakti, Bendera kembali diberikan kepada Kapolda Maluku tepat di depan Maluku City Mall (MCM).

Oleh Kapolda Maluku, Bendera Merah Putih dibawa sambil berjalan kaki untuk diserahkan kepada Pangdam Pattimura tepat di bentangan tengah Jembatan terpanjang di Indonesia Timur, Jembatan Merah Putih, sekaligus icon Kota Ambon.

Pangdam Pattimura merupakan pembawa Bendera Merah Putih terakhir dalam Flag Relay di Kota Ambon. Ia berjalan kaki bersama pimpinan Angkatan Bersenjata di Maluku ke tugu pendidikan, dr. J. Leimena, untuk selanjutnya dibawa menuju Bandara Pattimura. Bendera Merah Putih, selanjutnya terbang menuju Kota Sorong.

Dalam prosesi Flag Relay di Kota Ambon, tampak ribuan warga termasuk Pelajar SD dan SMP membentuk formasi pagar hidup. Dengan penuh gembira, mereka melambaikan tangan dan Bendera Merah Putih saat rombongan melintas.

Ambon terpilih sebagai Kota ke-11 dari 13 kota di Indonesia, dalam pelaksanaan Flag Relay untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia.

Bendera tersebut dibawakan 9 atlet berprestasi di ajang Asian Games 2018 lalu. Para atlet yang merupakan prajurit TNI, ini mengaraknya dari Sabang, Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, Kupang, dan Ambon. Selanjutnya, Kirab Bendera menuju Kota Sorong dan akan berakhir di Merauke, sebagai tempat pelaksanaan puncak peringatan HUT TNI ke 73, pada 5 Oktober 2018, besok. (CR1)

Penulis:

Baca Juga