Sekilas Info

Pangdam Resmi 137 Rumah Veteran Maluku

HUSEIN TOISUTA/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Panglima Kodam  (Pangdam) XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto, kembali meresmikan sebanyak 137 unit rumah milik Veteran RI asal Maluku tahun 2018, yang berlangsung di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (2/10).

Ratusan unit rumah yang tersebar di berbagai daerah di Maluku, itu diresmikan secara simbolis, dengan ditandai penyerahan kunci dan pengguntingan pita di rumah milik Saadia Ely (69), Veteran wanita asal Negeri Hila.

Dalam sambutannya, Pangdam mengaku di massa kepemimpinannya, program Bedah Rumah Veteran (BVR) yang terselenggara atas kerjasama Kodam Pattimura dan PT. Pertamina (Persero), telah berlangsung untuk kali ke dua.

“Selamat kepada para Veteran yang rumahnya direnovasi. Tahun lalu saya yang menyerahkan, kerjasama juga dengan Pertamina. Tahun ini (kerjasama) juga dengan pertamina. Jadi sudah cukup banyak rumah. Kedepan, Insya Allah masih ada lagi,” kata Pangdam.

Veteran, lanjut Pangdam, merupakan warga Negara Indonesia yang secara aktif ikut berjuang melalui sebuah peperangan, membela NKRI. Veteran juga ikut mempertahankan RI dalam masa revolusi fisik antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949.

Selain itu, Veteran turut andil memperjuangkan pembebasan dalam operasi Irian Barat, Trikora dan melaksanakan tugas Dwikora maupun operasi Seroja antara tanggal 21 Mei 1975 sampai 17 Juli 1976 di Timor-Timor.

“Para Veteran ini telah berjuang secara aktif dan sukarela mempertahankan NKRI. Namun masih ada para Veteran yang hari tuanya mengalami kesulitan, khususnya belum memiliki tempat tinggal yang layak,” jelasnya.

Oleh karenanya, tambah mantan Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat ini, Kodam Pattimura bekerjasama dengan Pertamina melaksanakan program BRV. “Kali ini bedah rumah sebanyak 137 unit yang ada di wilayah Provinsi Maluku,” jelasnya.

Ratusan BRV dilaksanakan dalam tiga tahap di tahun 2018. Pertama saat penandatangan kerjasama hingga 31 Mei 2018 dengan target BRV sebanyak 45 unit. Kemudian dari 1 Juni sampai 31 Juli targetnya 41 unit. Dan terakhir 1 Agustus sampai 31 September sebanyak 46 unit.

Menurutnya, program BRV merupakan wujud rasa kedekatan dan kepedulian yang tinggi dari PT. Pertamina terhadap Veteran atas jasa yang telah diberikan kepada negara dan bangsa Indonesia. “Olehnya itu saya selaku Pangdam Pattimura dan pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Direktur Pertamina yang telah memberikan bantuannya. Semoga niat yang baik ini bernilai ibadah dan mendapatkan berkah dan Ridho dari Allah,” imbuhnya.

Ia berharap, program BRV ini dapat mengurangi beban Veteran, serta menunjang pembangunan di wilayah Maluku.

“Saya berharap rumah yang direnovasi dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan baik sehingga usia pakai rumah tersebut dapat bertahan lama. Jadikan rumah yang sudah layak huni ini sebagai tempat yang nyaman untuk membentuk rumah tangga yang damai, sejahtera dan membawa berkah,” tandasnya.

Mewakil Direktur Pertamina Wilayah 8, Donny, Branch Manager Pertamina Maluku, menyampaikan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina berkomitmen dan peduli terhadap masalah global yang diwujudkan dalam bentuk penyaluran dana Bina Lingkungan (BL). Ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan yang fokus secara maksimal pada pemberdayaan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Program BRV di Maluku, lanjut Donny, merupakan bentuk nyata dari komitmen Pertamina dalam pelaksanaan penyaluran dan lingkungan untuk pengentasan kemiskinan. “Total anggaran BL yang dikeluarkan dalam program BRV sebesar Rp 6.165.000.000,” sebutnya.

Milyaran rupiah itu dikeluarkan untuk merenovasi sebanyak 139 rumah. Masing-masing rumah dibiayai sebesar Rp 45 juta yang tersebar di Pulau Ambon, Seram dan Tual. “Untuk melaksanakan program ini, Pertamina bekerjasama dengan Kodam Pattimura sebagai mitra pelaksana program di lapangan, mulai dari survei, verifikasi data hingga pembangunan dan renovasi rumah Veteran di Maluku,” terangnya.

Donny mengatakan, program BRV merupakan sebuah penghargaan untuk menghargai perjuangan para Pahlawan RI yang sebagian besar kondisinya kini terabaikan. Ia berharap, dengan program ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air, sekaligus memberikan apresiasi nyata terhadap para pejuang yang rela berkorban, baik jiwa dan harta demi mempertahankan NKRI.

“Program ini tidak akan sukses jika tidak ada keterlibatan semua pihak. Mari kita peduli dengan pejuang kemerdekaan Indonesia. Kami harap program ini dapat menimbulkan hubungan baik antara masyarakat dan Pertamina,” pungkasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga