Sekilas Info

Kodam Gandeng Yayasan Ar Rahmah Khitan 114 Anak

RUZADY ADJIS/KABAR TIMURnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Bhakti sosial gencar dilakukan Kodam XVI/Pattimura dalam menyongsong HUT TNI ke-73, empat hari lagi. Menggandeng Yayasan Ar Rahmah, sebanyak 114 anak telah dikhitan dalam program sunatan masal, Sabtu (29/9).

Kerjasama bhakti sosial yang mengusung tema “Berkasih Sayang di Bulan Muharram dan Menyambut HUT TNI Ke–73” ini juga menggelar pengobatan gratis yang diikuti 205 warga dan 140 orang, donor darah.

Rangkaian kegiatan yang dilanjutkan dengan Tablikh Akbar dengan mendatangkan Ustad KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) sebagai penceramah, itu berlangsung di depan Yayasan Ar Rahmah, Waihaong, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

“Bhakti sosial terselenggara atas kerjasama yang baik antara Yayasan Ar-Rahmah dan Kodam XVI/Pattimura,” ungkap Kolonel Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Kepala Rumah Sakit tingkat II Prof. dr. J.A. Latumeten (RST) yang bertindak sebagai koordinator kegiatan.

Djanuar menjelaskan, bhakti sosial yang dihelat meliputi pengobatan gratis, sunatan massal (khitanan) dan donor darah, ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT TNI Ke-73 tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan segenap komponen masyarakat di wilayah Maluku, khususnya Kota Ambon. “Sinergitas ini diharapkan dapat terwujud untuk mendukung terpeliharanya wilayah Maluku yang harmonis, damai, aman dan sejahtera,” harapnya.

Selain Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, hadir dalam kegiatan bhakti sosial itu, Gubernur Maluku Said Assagaff, Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa, Danlantamal IX Ambon Laksma Antongan Simatupang, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo, Kasdam Pattimura Brigjen TNI Asep S Gunawan, Wakapolda Brigjen Pol DR. Ahmad Wiyagus, Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon Ust. Rifki Al Hamid, Ketua Walubi Wilhelmus Jauwerissa, Ketua Persada Hindu Dharma I Nyoman Sukardana dan Penceramah Kondang KH. AA Gym.

Usai dilaksanakannya sunatan massal, pengobatan gratis dan donor darah, Gubernur Maluku dalam sambutannya di acara Tablikh Akbar mengatakan, kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Kodam Pattimura dan Yayasan Ar-Rahmah diakui sangat membantu masyarakat yang ada di Maluku, khususnya Kota Ambon.

“Kami berharap Yayasan Ar-Rahmah bisa lebih besar dan lebih berbakti kepada masyarakat Maluku,” terangnya. Sementara dalam tausiyahnya, Ustad AA Gym berpesan kepada masyarakat Maluku untuk selalu menjadi manusia yang disimbolkan dalam 5S. “Kita harus memberikan Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (5S) kepada sesama manusia.

Keutamaan seorang manusia, tambah Aa Gym terletak pada akhlaknya. Olehnya itu, Allah SWT, mengutus Nabi Muhammad SAW ke muka Bumi untuk memperbaiki akhlak manusia. “Karena itulah Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia,” jelasnya.

Sebelum bhakti sosial dihelat, dihari yang sama Kodam Pattimura juga menggelar kegiatan Fun Bike (Sepeda Santai) yang melibatkan TNI/Polri. Fun Bike berlangsung dari Markas Lantamal IX Ambon dan finish di Makodam Pattimura.

(CR1)

Penulis:

Baca Juga