Sekilas Info

Pemprov Maluku Alokasikan Rp 130 Miliar Program Irigasi

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Selain ada dana dari Dana Alokasi Khusus (DAU) sebesar Rp 49 miliar,  Pemerintah Provinsi Maluku juga mengalokasikan anggaran Rp 130 miliar yang bersumber dari APBD untuk program irigasi di Maluku.  Totalnya, untuk irigasi sebesar Rp 179 miliar.

“Terkait program sumberdaya air di Tahun 2018 ini ada program DAU maupun APBD dengan total Rp 179 miliar,”ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata ruang Provinsi Maluku, Sandy Wattimena kepada wartawan di Ambon pekan kemarin.

Dikatakan, ada dua daerah yang sasaran uatama dari program irigasi, yakni di kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), namun secara luas tersebar di Provinsi Maluku, antara lain  Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Dijelaskan, anggaran DAU salah satunya diperuntukkan untuk rehabilitasi peningkatan jaringan irigasi, yang progresnya sudah hampir selesai untuk DAU. Sementara dana yang berasal dari APBD diperuntukan untuk pembangunan jalan dan talud.

“Jalan ada yang sudah selesai, ada yang masih proses dalam arti pelaksana pekerjaan di lapangan dan saya kira dalam waktu dekat ini sudah selesai, tergantung cuaca. Ini terkait sumber daya air jadi kalau misalnya cuaca tidak bersahabat berarti tidak lagi berjalan mulus. Tapi kalau cuaca bagus maka akan berjalan mulus,”ucapnya. Walaupun demikian, dirinya optimis semua pekerjaan akan berjalan dengan baik dan sesuai waktu yang ditentukan . (RUZ)

Penulis:

Baca Juga