Sekilas Info

Tiba di Ambon, Ini Kata Kapolda Maluku

husen toisuta/KABAR TIMURnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Kapolda Ma-luku, Inspektur Jen-deral Polisi Royke Lumo-wa, tiba di Bandara Patti-mura Am-bon, Selasa (11/9). Ka-polda disambut Pang-dam XVI/Pattimura May-jen TNI Suko Pranoto dan Forum Komunikasi Pim-pinan Daerah (For-kopim-da) Maluku.

Tiba di Ambon, man-tan Kakor Lantas Polri ini bersua dengan Ja-ja-ran Polda Maluku, se-ka-li--gus mendengar lapo-ran satuan yang ber-lang-su-ng di Rupatama, Ma-pol--da Ma-luku. “Saya akan me--ne--ruskan kebijakan ya-ng dilakukan pejabat se-be--lum--nya,” kata Kapolda ke--pada wartawan, sore ke-marin.

Meski belum menyu-sun pro-gram prioritas yang akan dila-kukan pada 100 hari kerja kedepan, tapi Jenderal Bintang Dua ini mengaku akan tetap menjaga Maluku biar selamanya kondusif, aman, damai dan sejahtera.  “Ke-mudian khusus lagi da-lam menghadapi pemilu tahun depan. Polisi harus netral di pemilu nanti. Kita akan lakukan semua untuk me-nge-leminir konflik so-sial sekecil apapun,” terangnya.

Agar tetap menjaga Maluku kondusif, Lumowa mengaku akan berusaha meredam, dan mengurangi setiap potensi konflik yang terjadi. Ia meminta setiap personel memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, serta menjadi pelopor di semua lini kehidupan.

“Kita mengajak masyarakat secara bersama sama membangun Maluku dari semua sektor. Misalnya pariwisata, karena Maluku ini kaya raya, jaga kelestarian lingkungan, perekenomiannya,” pintanya.

Selain kekayaan alam yang begitu besar, Lumowa juga akan mengangkat potensi rakyat Maluku untuk dikembangkan. “Kita angkat lagi potensi-potensi rakyat Maluku, di bidang olahraga misalnya,” kata Dia.

Potensi Maluku yang besar, menurutnya harus diangkat secara bersama-sama Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Selain itu, dirinya akan tetap menjaga soliditas antara TNI, dan semua elemen masyarakat, maupun stakeholder terkait.

“Semua elemen masyarakat, tokoh-tokoh sentral, kita rangkul, kita jalan bersama-sama untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Maluku. Untuk program prioritas masih disusun oleh Pak Waka. Secara garis besar sudah saya sampaikan. Nanti diramu oleh Pak Waka dalam formulasi yang mudah untuk dilaksanakan,” tandasnya.

Kapolda tiba di Ambon setelah terbang dari Ternate, Maluku Utara. Ia bersama Istri menggunakan maskapai penerbangan Wings Air. Keberadaannya di Ternate selama dua hari untuk mengikuti kegiatan pembukaan Asean Para Games.

Setelah tiba di Mapolda Maluku, Lumowa di sambut tradisi Polri yakni Jajar Hormat. “Rencananya hari Senin depan, akan dilakukan Pisah Sambut di Lapangan Tahapary Tantui,” tambah Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat kepada Kabar Timur. (CR1)

Penulis:

Baca Juga