Sekilas Info

Polisi Kantongi Identitas Penyelundup Sianida

Istimewa/Kabar TimurNews.COM

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Siapa pelaku penyelundupan Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) yakni sebanyak 80 kaleng Sianida, 196 sak Karbon dan 4 karung Borax, ke Namlea, Kabupaten Buru, akhirnya dikantongi tim penyidik Ditreskrimus Polda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Polisi Muhamad Roem Ohoirat yang dihubungi Kabar Timur mengaku, penyelundup barang B3 itu sudah jelas. Kendati demikian, pihaknya belum dapat mengekspose nama mereka, karena masih dalam proses penyelidikan.

“Jadi ini kan barang B3. Pelakunya sudah kita kantongi. Kan jelas itu. Istilahnya di kirim ke siapa, siapa yang terima, itu sudah jelas. Tinggal rekan-rekan di lapangan sementara ambil keterangan lebih lanjut saja,” kata Ohoirat, Minggu (9/9).

Ohoirat berjanji, akan menyampaikan kepada publik jika status kasusnya telah ditingkatkan ke penyidikan dan siapa orang yang paling bertanggungjawab dalam peredaran gelap bahan kimia mematikan tersebut ditetapkan sebagai tersangka.

“Inisialnya belum dapat kami sampaikan. Tapi sudah terarah. Gambaran tersangkanya siapa, siapa yang bertanggungjawab sudah kita dapat. Nama-nama sudah kita kantongi, tapi sementara kita ambil keterangan lebih jauh dari saksi-saksi lain,” jelasnya.

Disisi lain, terkait penanganan penemuan sebelumnya yakni sebanyak 300 karung Jin Chan dan 171 kaleng Sianida pada pertengahan Agustus 2018 lalu, Ohoirat mengaku pihaknya sudah mendatangkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) Makassar untuk melakukan penelitian terhadap kandungan barang B3 tersebut. “Sampelnya sudah diambil, tapi sampai saat ini hasil pengujian lab belum diterima,” katanya.

Selain uji kandungan B3, sejumlah saksi juga telah diperiksa untuk mengetahui legalitas dari dokumen atau ijin peredaran. “Kita juga mengambil keterangan-keterangan mengenai dokumen-dokumennya, apakah sah atau tidak. Nanti kita akan sampaikan ke publik,” tandasnya.

(CR1)

Penulis:

Baca Juga