Sekilas Info

Kloter Terakhir Haji Maluku Tiba di Ambon

RUZADY ADJIS/KABAR TIMURnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Hari ini, Jumat (7/9), Kloter 12 yang merupakan kloter terakhir Jamaah Haji Maluku tiba di Kota Ambon.

“Direncanakan kloter 12 sebanyak 179 Jamaah haji akan tiba besok (hari ini) dengan maskapai Garuda Indonesia di Ambon,”ungkap Kepala Bidang Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Yamin saat dikonfirmasi Kabar Timur via seluler kemarin.

Setibanya di Kota Ambon nanti, kata Yamin, JH akan diinapkan di asrama haji Waiheru untuk selanjutnya dipulangkan ke kabupaten masing-masing.  Sementara untuk JH asal Kota Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru tidak lagi menginap tetapi hanya transit di Bandara Pattimura Ambon untuk berganti pesawat selanjutnya diterbangkan ke kabupaten/Kota masing-masing.

Sementara kemarin, sebanyak 100 lebih JH Maluku dari kloter 11 juga sudah tiba di Kota Ambon melalui dua penerbangan yakni pagi dan siang menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dari Makassar. “Kloter 11 ini terdiri dari Jamaah Haji asal Kabupaten Buru, Maluku Tengah dan Kabupaten Kepulauan Aru,”

Sementara dari pantauan Kabar Timur di Pelabuhan Slamet Riyadi, Ambon kemarin, sejumlah JH Buru Selatan sudah dipulangkan menggunakan jasa transportasi kapal fery menuju Namrole, Buru Selatan.

Sebelumnya diberitakan Kabar Timur, Sebanyak 1.069 Jamaah Haji Maluku yang terbagi dalam tiga kloter yakni kloter 10-11 dan 12 mulai dipulangkan secara bertahap ke Maluku melalui debarkasi Makassar sejak Rabu kemarin.

Totalnya, 1.071 Jamaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci untuk tunaikan ibadah haji pada musim haji 1439 Hijriah Tahun 2018, akan tetapi dua diantaranya yakni satu jamaah asal Maluku Tenggara dan satu dari SBT meninggal dunia di Arab Saudi.

Kepulangan JH Maluku kemarin diawali dengan kedatangan 132 JH dari Kloter 10 yang merupakan JH asal Kota Ambon,  Rabu, dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda diikuti kedatangan JH Kloter 10 lainnya pada pukul 13,00 wit dan sore hari. Totalnya, kemarin sebanyak 455 JH Maluku yang telah tiba.

PENAMBAHAN KUOTA HAJI

Pemerintah Provinsi Maluku berupaya memperjuangkan penambahan kuota haji ke pemerintah pusat bagi masyarakat Maluku yang akan menunaikan ibadah haji di tahun 2019.

“Prinsipnya bagi pihak penyelenggara haji dan Pemda Maluku tetap berupaya dapat tambahan kuota haji,” kata Jamaludin Kepala Urusan Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku di Ambon, Kamis (6/9). Dilihat dari daftar tunggu untuk Maluku sekarang ini cukup banyak, karena diupayakan tahun 2019 sudah ada penambahan.

Menurutnya, kuota haji Maluku tahun 2018 sebanyak 1.090 orang. Dari jumlah itu terjadi mutasi keluar daerah sekitar 20 orang, sisanya 1.071 orang yang berangkat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Mudah-mudahan di tahun 2019 kita sudah bisa mendapatkan tambahan kuota, apalagi daftar tunggu yang ada sudah mencapai hingga delapan tahun ke depan atau hingga tahun 2025,” katanya.

Pemerintah Maluku juga sedang mempercepat proses pembangunan asrama haji yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal sementara jamaah calon haji di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon.

“Sekarang ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Fessal Musaad sementara berada di pusat memperjuangkan masalah ini, dengan harapan tahun 2019 pada musim haji Maluku sudah bisa mempergunakan embarkasi di Maluku,” ujarnya.

(RUZ)

Penulis:

Baca Juga