Sekilas Info

Murad Ismail Ketua Tim Jokowi-Maruf di Maluku

Istimewa/kabartimurnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Murad Ismail ditunjuk sebagai ketua tim kampanye Joko Widodo-Maíruf Amin Pilpres 2019 di Maluku. Gubernur Maluku terpilih 2018 ini dinilai memiliki pengaruh kuat di masyarakat.

Kepastian ini disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae di akun facebooknya.

“Ketua Tim Kampanye Pilpres 2019 Ir. Joko Widodo & KH. Prof Dr (HC) Ma’ruf Amin, Provinsi Maluku, Irjen Pol (purn) Drs. Murad Ismail. Kecintaan beliau untuk Maluku, tak di ragukan, dari Maluku untuk Indonesia.#cintamaluku,” tulis Huwae di facebooknya, Senin (3/9).

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Noverson Hukunala juga mengakui hal itu. “Informasinya begitu. Cuma kita kan belum konfirmasi (DPP PDIP). Penunjukkan ketua tim di daerah biasanya ditentukan oleh koalisi di DPP karena ini untuk Pilpres,” kata Hukunala, kemarin.

Menurut Hukunula, partai koalisi telah mempertimbangkan secara matang untuk menunjuk Murad Ismail sebagai ketua tim pemenang Jokowi-Maruf di wilayah Maluku.

“Kalau ketua tim Pak Murad ditunjuk oleh DPP, saya kira itu kolektif. Ketua tim pemenangan sama juga dengan ketua tim kampanye dalam koalisi,” jelas dia.

Partai koalisi pengusung Jokowi-Maruf PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Hanura, PKB, PSI, Perindo, PPP, dan PKP Indonesia di Maluku telah menggelar pertemuan. Masing-masing Parpol juga sudah menyodorkan nama-nama untuk pembentukan tim pemenangan.

“Partai koalisi sudah rapat tim, dan sodorkan nama dari masing-masing parpol untuk pembentukan tim pemenang kabupaten dan kota,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku, Basri Damis juga mengusulkan Murad Ismail menjadi Ketua Tim Sukses pemenangan Jokowi-Maruf.

Menurutnya, mantan Kapolda Maluku itu merupakan sosok yang teruji dan memiliki kapabilitas sehingga direkomendasi PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, PKPI, PPP dan PAN.

Basri mengklaim sembilan kepala daerah kabupaten/kota menyatakan sikap menjadi tim pemenangan pasangan Jokowi-Maruf termasuk Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon yang notabene kader Partai Demokrat.

Bergabungnya sembilan kepala daerah dari 11 kabupaten/kota termasuk sejumlah wakil kepala daerah di Maluku semakin memperkuat prediksi politik DPW PKB Maluku jika pasangan Jokowi-Marufakan unggul di Maluku.

“Kita optimis pasangan Jokowi-Maruf akan menang telak di Maluku. Karena sejumlah kepala daerah sudah bergabung,” ujar Basri.

Berikut ini daftar bupati dan wakil bupati di Maluku yang siap memenangkan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019: Walikota Ambon Richad Louhanapessy (Golkar), Bupati Maluku Tenggara Taher Hanubun (PKB), Bupati Buru Ramli Umasugi (Golkar), Bupati Buru Selatan Tagop S Sudarsono (PDIP), Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas (Golkar), Bupati Seram Bagian Barat, Yasin Payapo (Hanura), Bupati Aru Johan Gonga (Nasdem), Bupati Maluku Barat Daya Barnabas Orno (PDIP), Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon (Demokrat).

Selanjutnya para wakil kepala daerah yang mendukung; Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler (PPP), Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin (PKB), Wakil Bupati Buru Amos Besan (PDIP), Wakil Bupati Seram Bagian Barat Thimotius Akerina (Nasdem) dan Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury (PDIP). (KT)

Penulis:

Baca Juga