Sekilas Info

Panglima TNI Kirim Bantuan untuk Suku Mausu Ane

Ist

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Panglima TNI Mar-sekal Hadi Tjahjanto me-ngirim bantuan kemanusian kepada war-ga Suku Mausu Ane, korban kela-paran di pedalaman hutan Pu-lau Seram, Kabupaten Maluku Ten-gah. Bantuan langsung di-distri-busikan tim Tanggap Da-ru-rat Kelaparan dari Markas Be-sar TNI, ini tiba di Bandara Patti-mura Ambon menggunakan pesawat Hercules A1312, Sabtu (28/7) 17.50 WIT.

Tim berjumlah 16 personel yang dipimpin Paban V/Bhakti Ster TNI Kolonel Inf Farid Ma-kruf, itu membawa beberapa set tenda serba guna, peralatan da-pur lapangan, alat makan, ba-han makanan seperti ransum dan susu, selimut , obat-obatan, pa-kaian layak pakai, air mineral, terpal, mainan anak, alat tulis dan alat komunikasi dari Bandar Uda-ra Halim Perdana Kusuma.

Kedatangan tim Satgas Ke-manusiaan dari Mabes TNI itu disambut langsung Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang dan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru.

“Kami datang atas Perin-tah Panglima TNI untuk melak-sa-na-kan operasi perkuatan ban-tuan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura,” ungkap Komandan Satgas Kemanusian Mabes TNI Kolonel Inf Farid Makruf kepada wartawan, Sabtu (28/7).

Menurutnya, selain membawa bantuan, kedatangan tim juga untuk memastikan stok makanan dan obat-obatan sudah terpenuhi kepada korban kelaparan yang melanda suku Mausu Ane. “Kami membawa bantuan dan memastikan stok makanan, sehingga saudara kita yang ada di wilayah tersebut dalam keadaan aman dan sehat,” kata Makruf.

Dikatakan, tugas TNI hanya untuk membantu warga dan memperkuat Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah. “Tugas TNI hanya membantu dan memperkuat Pemda setempat,” tandasnya.

Sejumlah bantuan yang didistribusikan langsung dari Mabes TNI di Jakarta, kemarin, sudah disalurkan sebagian oleh tim Satgas Kemanusian melalui jalur darat.

“Sebagian bantuan dari Mabes TNI hari ini (kemarin) diangkut menggunakan Heli Bell 412 dari Lanud Ambon menuju Lokasi camp penampungan di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah,” kata Kepala Penerangan Kodam Pattimura Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho, kemarin.

Menurutnya, pengiriman bantuan kemanusiaan mendapatkan dukungan dari tiga matra TNI yakni Angkatan Darat, Laut dan Udara. “Bantuan yang disalurkan melalui jalur darat menggunakan 6 kendaraan truk dengan rute lintas Pulau Seram (Waipirit-Masohi),” ujarnya.

Dikatakan, pengiriman bantuan kemanusiaan ini merupakan kesekian kalinya bagi masyarakat Suku Mausu Ane. “Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Mabes TNI ini menunjukkan bahwa TNI konsisten terhadap permasalahan kemanusiaan, khususnya yang dialami masyarakat Suku Mausu Ane yang berada di Gunung Murkelle, Kecamatan Seram Utara Timur,” jelasnya.

Camp penampungan yang didirikan Kodam Pattimura, tambah Sihaloho saat ini sudah menampung sekitar 113 jiwa dari 170 jiwa baik Dewasa, anak-anak bahkan lansia. “Saat ini bertambah 1 Kepala Keluarga menjadi 116 jiwa,” jelasnya.

Pagi ini, lanjut Sihaloho, Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane, didampingi anggota persit Kodim 1502/Masohi, membagikan sejumlah pakaian, alat mandi, alat belajar dan selimut kepada masyarakat Suku Mausu Ane.

Puluhan anak, kata Dia, tertawa gembira saat mendapatkan sejumlah pakaian, alat mandi, alat belajar dan selimut. Mereka terlihat gembira, belajar, bermain dan ceria. Bukan hanya anak-anak, orang tua dan lanjut usia yang berada di tempat itu, juga terlihat antusias. Mereka berbaur dan saling menghibur. (CR1)

Penulis:

Baca Juga