Sekilas Info

Pertamina Dirikan Taman Pintar di Jayapura

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,JAYAPURA-Manajemen PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua mendirikan taman pintar di RW 2, Kelurahan Imbi, Distrik Jayapaura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua, yang bertujuan membantu pemerintah mengentaskan angka buta aksara.

Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR VIII, Eko Kristiawan di Jayapura, Jumat, menjelaskan lokasi taman pintar yang berdekatan dengan Terminal BBM (TBBM) Jayapura, membutuhkan bantuan di bidang pendidikan karena cukup tingginya jumlah anak putus sekolah di lingkungan tersebut.

Menurut dia, Pertamina akan berusaha agar anak-anak putus sekolah di lingkungan tersebut bisa memiliki ijazah dari program kejar paket A, B dan C. “Disini ada sekitar 50 anak yang buta aksara yang mana terdiri dari usia SD, SMP dan SMA. Jadi kami kejar paket-paket itu,” ujarnya.

Eko menambahkan, Pertamina juga menggandeng Yayasan Vilandra yang akan mendampingi para buta aksara untuk belajar membaca. Untuk merealisasikan program tersebut, Pertamina mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 juta yang diambil dari dana kepedulian sosial (CSR) untuk jangka waktu enam bulan.

Sementara Tatet Ruliyadi, Perwakilan dari Distrik Jayapura Utara, menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina atas kepeduliannya di bidang pendidikan. Ia mengakui Pemerintah di tingkat kelurahanan dan distrik memiliki keterbatasan anggaran sehingga tidak bisa memenuhi keseluruh kebutuhan warganya.

Dia mengharapkan kepedulian yang diberikan Pertamina bisa menjadi motifasi bagi perusahaan lain yang juha memiliki dana CSR untuk membantu masyarakat di kawasan tersebut. Dalam program tersebut Pertamina MOR VIII mendirikan dua rumah pintar yang dialamnya terdapat berbagai buku bacaan dan perlengkapan alat tulis. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga