Sekilas Info

Enam “UAPPAW” Raih Penghargaan Laporan Keuangan Terbaik

IST

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb), Maluku, memberikan penghargaan dan prestasi terbaik bagi enam dari 32 Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPP-W), yang ada di Maluku.

Penghargaan dan Prestasi ke-enam dari 38 UAPP-W, diberikan atas prestasi mereka dalam Penyusunan Laporan Keuangan Kemnetrian Lembaga (LKKL), Tahun Anggara 2017, lalu, yang diserahkan, Sudarmanto, Kepala Kanwil DJBb pada acara Bimtek dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Wilayah, Periode Semester I Tahun 2018, di Aula, kantor itu, Kamis, kemarin.

Acara Bimtek dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Wilayah ini, sedikitnya dihadiri 78 peserta dari 38 UAPPA-W yang berada di Wilayah Maluku. Penghargaan dan Perestasi yang diberikan kepada enam UAPPA-W terbagi dalam dua ketegori.

Ketegori pertama diberikan kepada UAPPA-W Besar, yang membawahi 10 atau lebih UAKPA dan kategori kedua, UAPPA-W kecil yang membawahi delapan atau sembilan UAKPA.

Dari ketegori itu, terdapat tiga UAPP-W besar mendapatkan penghargaan itu. Ketiga UAPP-W besar itu yakni: BPS Provinsi Maluku, Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Bidang Keuangan Polda Maluku.

Sedangkan untuk tiga UAPPA-W dengan kategori kecil penerima penghargaan dan prestasi itu, masing-masing: Kanwil BPN Provinsi Maluku, Kanwil DJPb Provinsi Maluku dan Universitas Pattimura.

Penghargaan dan prestasi yang diberikan kepada enam UAPP-W diberikan tidak serta merta, tapi melalui kriteria penilaian pwenyusunan LKKL Tahun 2017 dengan ketat. Kriteria itu diantaranya meliputi ketepatan waktu penyampaian laporan dengan bobot 10 persen, kualitas laporan bobot 60 persen, Beban Kerja bobot 15 persen dan Kelengkapan dokumen bobot 15 persen.

Sudarmanto dalam sambutan sekaligus membuka acara itu, mengapresiasi ke-enam UAPPA-W yang telah menyusun LKKL tingkat wilayah dan menyampaikan ke Kanwil DJPb Provinsi Maluku secara tepat waktu dan berkualitas .

Dikatakan, keberhasilan ke-enam 6 UAPPA-W dapat menjadi pemacu semangat UAPPA-W lain untuk terus berkompetisi dalam menyusun LKKL secara tepat waktu, berkualitas dan akuntabel, sehingga UAPPA-W yang lain pun mendapatkan kesempatan yang sama menjadi UAPPA-W terbaik untuk periode berikutnya, harap dia.

“Dalam penyusunan Laporan Keuangan yang baik, harus tepat waktu, akurat, andal dan akuntabel. Saya diharapkan semua Kementerian/Lembaga (K/L) akan berhasil memperoleh opini terbaik BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Karena berdasarkan data opini BPK tahun 2017, dari 88 entitas Pelaporan di K/L, yang berhasil memperoleh WTP sebanyak 80 K/L, yang memperoleh WDP sebanyak 6 K/L dan yang memperoleh TMP sebanyak 2 K/L,” sebutnya.

Untuk yang belum memperoleh opini WTP tahun 2017, lanjut dia, ternyata pada audit BPK masih ditemukan permasalahan. Permasalahan itu, kata dia, antara lain belum tertibnya pengelolaan Kas, belum tertibnya penatausahaan dan pencatatan persediaan dan aset, adanya permasalahan pengelolaan PNBP serta permasalahan pengelolaan piutang dan penatausahaan utang.

“Saya berharap seandainya pada entitas masih ditemukan permasalahan sebagaimana hasil audit BPK maupun permasalahan lainnya. Saya berharap pada acara ini, permasalahan tersebut akan didiskusikan dan dicari solusi, sehingga dapat dihasilkan laporan keuangan tingkat wilayah yang andal dan akurat dan berkontribusi untuk mencapai hasil opini WTP di tahun 2018, mendatang,” pesan Sudarmanto.

Pada acara itu, dia juga disampaikan kiat- kiat dari UAPPA-W BPS Provinsi Maluku mewakili para penerima penghargaan mengenai keberhasilannya menyusun laporan keuangan secara tepat waktu dan berkualitas.

Kiat-kita tersebut meliputi, koordinasi berkesinambungan, baik di lingkup internal dengan BPS Kab/Kota maupun lingkup eksternal dengan Kanwil DJPb Provinsi Maluku dan KPPN mitra kerja, disiplin dalam pelaksanaan, penyelesaian dan penyampaian rekonsiliasi maupun konsolidasi penyusunan laporan keuangan sesuai jadwal yang ditentukan. Informasi ini diharapkan bisa menjadi masukan dan referensi bagi peserta lainnya.

Materi bimtek dan pendampingan penyusunan Laporan Keuangan UAPPAW semester I tahun 2018, diberikan sejumlah narasumber dari Kanwil DJPb Provinsi Maluku. Materi tersebut diantaranya: Current Issue penyusunan LKKL Tahun 2018 dengan narasumber Kepala Bidang (Kabid) PAPK, Dirgohaju Widodo.

Untuk materi telaah laporan keuangan serta rekonsiliasi dan troubleshooting atas permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan diberikan oleh Kepala Seksi PSAPP: Kusumo Adi W. Diakhir acara bimtek tersebut diadakan post test guna mengukur pemahaman para peserta atas materi yang disampaikan narasumber.

“Dengan mengikuti acara ini, diharapkan peserta akan lebih memahami dan dapat menyusun Laporan Keuangan Tingkat Wilayah semester I tahun 2018 secara tepat waktu, berkualitas serta akuntabel sesuai ketentuan yang ada,”pungkasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga